DKW RT125 – The Most Copied Motorcycles Ever

DKW125W-autogallery.org.ru

DKW125W-autogallery.org.ru

DKW Reichs Typ 125cc, atau dikenal dengan nama DKW RT125, adalah pengembangan DKW RT100, juga RT3/ RT2,5 tahun 1938 (97cc).

Di perang dunia ke-2, DKW ikut berperang demi Fatherland (btw, kayaknya cuma Jerman ya, yang bilang tanah air tuh, FATHERLAND… Negara lain nyebutnya Motherland, Ibu Pertiwi. Hhmmm…) bersama Wehrmacht, militer Jerman, memproduksi motor kecil untuk keperluan wara-wiri perang. Bukan sebagai motor tempur namun lebih berfungsi sebagai motor komunikasi atau istilah kerennya, kurir.

Ya, dengan berat hanya 68 kg (alumunium block) dan 90 kg (cast iron block), 123cc, 90km/jam, dan buatan Jerman (pastinya…!!), type yang dilansir tahun 1943 ini memang lincah, tahan banting sekaligus bandel. DKW RT125W (W = Wehrmacht)

Sekalahnya Jerman, blueprint DKW RT125, yang tenar disebut UNION di Indonesia, langsung menjadi pampasan berharga bagi para pemenang perang, dan terciptalah “tiruan-tiruan”-nya.

<DKW dari tahun ke tahun> <Spesifikasi DKW RT 125>

HUMMER – Harley Davidson, Amerika

Hummer sebenarnya adalah motor Harley-Davidson, single-cylinder, 2 tak, buatan 1955 – 1959. Namun, sekarang menjadi nama generik untuk seluruh motor single-cylinder, 2 tak, yang diproduksi Harley-DavidsonHowever mulai tahun 1948 – 1966. Hanya awalnya saja harley membuat versi 125cc-an, selanjutnya “Hummer” ber-cc 165-175. Cuma emang namanya Amerika, Hummer dibuat lebih menarik secara tampilannya. Simak di: www.harleyhummer.com dan wikipedia.org/Harley-Davidson_Hummer

BANTAM – BSA, Inggris

Inggris pun tak mau ketinggalan menikmati desain pampasan perangnya. BSA, Birmingham Small Arms Company, mendapat kehormatan untuk membuat BSA Bantam mulai 1948 (125 cc) bahkan terus memproduksinya sampai 1971 (ber-cc 175 cc). Populasi BSA Bantam sangat besar di masanya, terbilang lebih dari 250 ribu, bahkan katanya hingga 500ribu unit di seluruh dunia. BSA Bantam model D1, buatan tahun 1949, adalah tipe paling terkenal dan hanya dijual dalam 1 warna saja, Mistygreen, 123cc. Detail Bantam lainnya, tengok saja di: http://en.wikipedia.org/wiki/BSA_Bantam, dan mistgreen.com

bsa bantam-www.kawasakimotorcycle.org

bsa bantam-www.kawasakimotorcycle.org

M-1A Moskva – USSR

Juga hasil papasan perang dunia ke-2. Rusia mengembangkan DKW, yang dikenal dengan nama MINSK.

Moskva-M1A-1950

Moskva-M1A-1950

http://en.wikipedia.org/wiki/Minsk_(motorcycle)

http://mzmotorcycles.co.nz/mzmotorcycles%20web%20site/MZ%20Web%20Site/History.html

DKW IFA – DDR, Jerman Timur

Walaupun negara “induk”, Rusia, telah membuat tiruannya, Jerman Timur tetap meneruskan pabrikasi DKW dengan seri MZ, yang tenar disebut DKW IFA – Industrieverband Fahrzeugbau (Industrial Association for Vehicle Construction) –

mz_rt125 - 1959

mz_rt125 - 1959

Yamaha_YA-1, Jepang

Hhhmmm… udah nebak, doooong! Mirip, khan dengan DKW Union…. terutama yang DKW RT125 deLux, 1954.

YA-1, 1955

YA-1, 1955

Jadi…. bayangin aja, 5 negara pabrikan terkenal mau2nya bikin motor niru DKW. Motor dengan spec 1 silinder, 2 tax, cungkring…. tapi mantab, pake B. Yaaa, apalagi kalo bukan karena DKW emang TOP!!

Gak salah deh, kalo panjangannya DKW adalah Das Kleine Wunder alias si kecil ajaib!

Truuuung-truuung-trung-trung-trung… Gaspoll, maaaang!!

source: wikipedia.org/RT_125, harleyhummer.com, dll.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: